Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik untuk Mengatasi Papan Ketik / Keyboard Oppo Tidak Muncul

Papan Ketik atau Keyboard pada sebuah smartphone ini tidak muncul ketika ingin menulis pesan pada sms maupun mengetik apapun dengan menginput yang tersedia, hal ini menjadi kasus pada series smartphone contohnya Oppo Joy3.

Permasalahan ini bisa disebabkan karena beberapa hal yaitu data pada aplikasi keyboard penuh sehingga keyboard tidak dapat berjalan dengan baik sehingga tidak muncul, juga karena aplikasi keyboard terhapus sengaja atau tidak sengaja yang menimbulkan masalah sehingga keyboard tidak muncul ataupun masalah firmware.


Trik untuk Mengatasi Papan Ketik / Keyboard Oppo Tidak Muncul

Solusi untuk masalah ini diantarnya anda bisa Menghapus Data Keyboard Swype for Oppo, Menggunakan Aplikasi Keyboard lainnya, Hard Reset, dan Flash

Hapus Data Keyboard Swype for Oppo

Menghapus data ini adalah cara yang paling simpel dan ini berhasil untuk saya karena semalam smarphone oppo milik saya mengalami masalah seperti ini.

1. Buka Setelan > Manajer Aplikasi
2. Klik tab menu Semua lalu cari dan buka Swype for Oppo
3. Pilih Hapus Data > Ok
4. Silahkan coba buka SMS atau aplikasi apapun untuk melihat apakah keyboard sudah muncul.

Mungkin setelah menghapus data pada Swype for Oppo akan ada perbedaan pada keyboard tersebut, itu bukan masalah karena Anda bisa mengatur kembali sesuai yang Anda inginkan

Menggunakan Aplikasi Keyboard Lainnya

Mungkin cara ini bisa Anda gunakan jika Swype for Oppo tidak ditemukan meskipun Anda sudah mencarinya pada Manajer Aplikasi, Silahkan download aplikasi keyboard pada Google Play Store contohnya Google Keyboard kemudian install dan pindahkan atau jadikan aplikasi ini menjadi aplikasi internal.

Hard Reset

Solusi ini paling simpel dan cepat tapi Anda akan kehilangan semua data aplikasi atau catatan apapun yang ada pada internal dan logout semua akun karena cara ini memaksa Anda untuk mereset ulang smartphone menjadi seperti bawaan pabrikan. Jika tidak ingin kehilangan semua data atau apapun silahkan Bakeup terlebih dahulu data-data penting Anda sebelum melakukan Hard Reset.

Flash

Ini adalah cara yang terakhir jika semua cara diatas tidak ada yang berhasil, solusi ini yaitu Anda harus memperbaharui sistem operasi atau firmware tentu dengan bawaan Oppo dan pastikan sesuaikan tipe smartphone oppo Anda. Ingat ini harus berhati-hati karena jika salah firmware maupun konfigurasi yang tidak sesuai rakan mengakibatkan permasalahan yang fatal, Jika Anda tidak mengerti saran saya silahkan bawa smartphone oppo Anda pada jasa service handphone terdekat untuk melakukan Flashing perkiraan saya biaya yang dikeluarkan hanya 100rb (perkiraan harga saat artikel ini ditulis).

Demikian pembahasan tentang Trik untuk Mengatasi Papan Ketik / Keyboard Oppo Tidak Muncul semoga cara ini dapat membantu Anda yang mengalami permasalahan yang sama seperti yang saya seputar keyboard oppo.

Posting Komentar untuk "Trik untuk Mengatasi Papan Ketik / Keyboard Oppo Tidak Muncul"