Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Cek Broken Link di Blog dengan Mudah dan Cepat

Sebagai blogger yang tentu saja memikirkan performa dan kualitas blog saya sangatlah teliti dan berhati-hati agar tidak ada masalah sekecil apapun dalam blog ini bahkan termasuk hal kecil seperti broken link.

Broken Link atau link rusak biasanya sering menghantui para blogger hal itu meliputi misalnya salah memasukan url atau memang eksternal link sudah tidak tersedia lagi dan hal lainnya yang berkaitan dengan halaman tidak ditemukan Error 404.

Resiko yang ditimbulkan oleh broken link selain mempengaruhi nilai SEO blog anda tentu juga akan mempengaruhi kenyamanan blog anda, sebagai contoh ketika seseorang mencoba membuka link yang anda tampilkan diblog tapi link tersebut tidak ditemukan atau tidak tersedia lagi. Tentu saja dengan ini pengunjung anda akan merasa kecewa dan mungkin saja mulai melupakan dan meninggalkan blog anda sejak itu juga.

Sebab itu Anda harus mengetahui bagimana cara cek broken link dan cara mengatasi broken link diblog dan sebenarnya anda bisa saja untuk mengatasi broken link diblog kalian dapat dilakukan dengan cek broken link di blog cek satu persatu-satu tapi tentu saja dengan cek broken link manual seperti itu dapat membuang banyak waktu kalian apalagi konten diblog kalian sudah melebihi 100 postingan.

Lalu bagaimana cara cek broken link blog yang mudah dan otomatis tanpa memeriksa setiap link secara satu persatu?


Cara mengatasi broken link diblog sebenarnya cukup mudah karena sekarang sudah serba otomatis dan dapat dilakukan oleh sebuah bot, ada sebuah website yang menyediakan fasilitas yang sederhana tapi sangat membantu blogger seperti kita ini.

Hanya dengan sekali klik Broken Link kalian langsung ditemukan semuanya meskipun postingan blog kalian sudah mencapai 100 postingan keatas.

Bagi anda yang sudah penasaran bagaimana cara mengecek dan mengatasi broken link diblog silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini

Cara Cek Broken Link di Blog dengan Mudah

Langkah 1: Kunjungi website yang menyediakan layanan cek broken link https://brokenlinkcheck.com.

Langkah 2: Pada situs mereka tulis Alamat Blog kalian lalu klik Find broken links.


Langkah 3: Anda akan diberikan tampilan halaman baru seperiti berikut, silahkan isi Security Code dan pilih Report distinct broken links only kemudian tekan Find broken link now !. *Anda juga dapat memilih opsi Report all occurrences of each dead link (may be slower) untuk pencarian broken link lebih mendalam tapi sedikit memakan waktu.


Langkah 4: Tunggu beberapa waktu kemudian kalian akan diberikan tabel list daftar broken link diblog kalian seperti gambar diatas, sementara untuk salah satu blog saya terdapat 3 broken link yang harus diperbaiki. Cara mengetahui letak broken link tersebut berada tekan url pada kolom Page Where Found.

Seperti itulah cara cek broken link di blog dengan mudah dan cepat, lalu bagaimana cara memperbaiki broken link tersebut?

Cara Memperbaiki dan Mengatasi Broken Link di Blog

Dalam memperbaiki maupun mengatasi broken link di blog kalian dapat melakukan beberapa cara dibawah ini yang telah saya lakukan dan berkerja 100%.

Memperbaharui atau Menghapus Link yang Rusak dan Tidak Aktif

Ini adalah langkah mendasar yang dapat kalian lakukan setelah mengetahui cara cek broken link diblog adalah dengan mengganti, memperbaharui atau menghapus broken link tersebut tapi anda harus tahu terlebih dahulu lokasi broken link tersebut. Caranya dengan menekan url pada kolom Page Where Found maka lokasi link tersebut akan terbuka dan kalian bisa langsung memperbaikinya.

Menonaktifkan URL Profile Komentar Blogger

Biasanya broken link juga muncul dari url profile pengunjung yang berkomentar diblog kita, beberapa profile tidak menampikan akun blogger yang sebenarnya dan menjadikan halaman tidak ditemukan, cara yang tepat tentu saja dengan cara menonaktifkan url profile di komentar blog.

Mengatasi dengan Memasukan URL yang penting saja

Sebagai pencegahan tentu saja ini harus dilakukan yaitu dengan memasukan url yang penting saja pada blog anda tanpa memasukan domain utama, cara ini dinilai efektif karena jika sewaktu-waktu anda merubah domain maka tujuan link tersebut tidak akan berubah, sebagai contoh penggunaannya seperti berikut ini:

https://www.hanfarhan.com/p/contact.html
https://www.hanfarhan.com/2022/03/cara-mudah-cek-broken-link-di-blog.html

menjadi

/p/contact.html
/2022/03/cara-mudah-cek-broken-link-di-blog.html

Demikianlah cara yang saya lakukan dalam mengatasi permasalahan broken link di blog secara lengkap, anda dapat mengikuti langkah-langkah diatas seperti yang saya lakukan agar blog kalian selalu dalam performa yang baik tanpa adanya broken link yang ditemukan.

Jangan lupa untuk melakukan cek broken link minimal 1 tahun sekali sebagai bentuk berjaga-jaga jika ada link yang sudah tidak aktif maka anda dapat memperbaiki dan mengatasinya dengan segera.

Terimakasih telah berkunjung dan membaca artikel diblog saya, semoga bermanfaat!

1 komentar untuk "Cara Cek Broken Link di Blog dengan Mudah dan Cepat"