Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengatasi Redirect Otomatis ke blogspot.co.id

Beberapa tahun lalu sekitar tahun 2015 Blogger memberikan ketetapan baru dimana setiap domain blogspot akan mengalami yang namannya Redirect Otomatis sesuai dengan lokasi pengunjung blog tersebut misalnya saja jika anda dari indonesia mengunjungi blog dengan domain blogspot maka akhiran domain blog tersebut akan berubah menjadi co.id dan seterusnya sesuai asal anda mengunjungi blog tersebut.

Tapi sekarang blog sudah menghilangkan aturan tersebut dan jika anda membaca artikel ini rasanya akan menjadi tidak berarti tapi kode yang akan saya sertakan dalam artikel ini masih bisa berguna untuk keperluan lainnya.


Perlu dicatat cara ini sangat tidak cocok untuk blog anda yang sudah memasang top level domain atau domain TLD seperti .com dan lainnya serta blog yang sudah terdaftar dan memasang iklan adsense karena ini sudah jelas mengubah aturan domain dan pasti bisa dikatangan melanggar aturan google adsense.

Cara mengatasi Redirect Otomatis ke blogspot.co.id

Namun jika anda penasaran silahkan lihat langkah-langkah dan kode berikut ini.

1. Buka dasboard Blogger

2. Pilih Tema > Edit HTML kemudian tambahkan kode dibawah ini tepat dibawah <head> atau diatas </head> :

<script type='text/javascript'>
var str=window.location.href.toString();if("-1"==str.indexOf(".com/")){var str1=str.substring(str.lastIndexOf(".blogspot."));if("-1"==str1.indexOf("/"))var str2=str1;else var str2=str1.substring(0,str1.indexOf("/")+1);window.location.href=window.location.href.toString().replace(str2,".blogspot.com/ncr/")}
</script>

Atau dengan kode yang ini:

<script type="text/javascript">
var blog = document.location.hostname;var slug = document.location.pathname;var ctld = blog.substr(blog.lastIndexOf("."));if (ctld != ".com") {var ncr = "http://" + blog.substr(0, blog.indexOf("."));ncr += ".blogspot.com/ncr" + slug;window.location.replace(ncr);}
</script> 

3. Selesai, simpan template

UPDATE! Redirect ccTLD Blogspot Sudah Tidak Ada

Benar sekali seperti pembahasan diawal artikel bahwa redirect cctld (Country code top-level domain) tersebut sudah tidak digunakan lagi oleh pihak blogger mungkin itu dikarenakan banyak laporan dari para blogger atau hal lainnya saya juga tidak tahu jelas yang pasti adalah pada bulan September 2018 saya melihat domain saya sudah berubah kembali menjadi .com normal seperti biasanya tanpa harus menggunakan Javascript diatas.

Kebetulan javascript diatas memang tidak saya gunakan, saya hanya menggunakannya untuk percobaan dan berhasil tapi karena resiko yang terlalu besar. Dibahas pada : Blogger Help Forum

Menggunakan redirect tersebut dikatakan dapat menyebabkan blog dihapus, itu benar-benar beresiko hanya karena masalah domain yang sepele tapi blog yang sudah dibangun lama dan bersusah payah dihapus begitu saja.

Bagusnya sekarang hal tersebut sudah tidak ada lagi kalian dapat menggunakan domain gratis blogspot tanpa menemukan Redirect ccTLD dan tidak perlu mengikuti dan memasang java script yang saya bagikan diatas.

Demikian pembahasan kali ini semoga ada manfaat yang dapat di petik dari artikel kali ini, jika ada salah-salah kata kalian bisa mengoreksi apa yang saya tulis kali ini. Sampai jumpa pada artiel berikutnya!

Posting Komentar untuk "Cara mengatasi Redirect Otomatis ke blogspot.co.id"