Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menampilkan dan Menyembunyikan File di Windows PC

Fitur Show and Hide rasanya sangat umum untuk sebuah sistem operasi contoh saja Windows, dimana dengan fitur tersebut kita dapat Menyembunyikan File maupun Folder tertentu yang bersifat privasi terlebih lagi laptop maupun komputer anda digunakan secara bersama fitur ini sangat membantu dalam menyembunyikan.

Jika secara default file yang sudah disembunyikan dari windows biasanya adalah bagian-bagian penting yang sepantasnya kita tidak perlu bongkar atau melakukan perubahan seperi Program Data, System dan lain sebagainya tapi anda tetap dapat menampilkannya jika ada keperluan.


Menampilkan dan Menyembunyikan File sebenarnya tidak hanya bisa dilakukan pada PC Windows saja tapi untuk sistem operasi lainnya contoh saja Android, Android juga bisa menggunakan fitur menampilkan dan menyembunyikan file maupun folder tapi pada kesempatan kali ini saya hanya akan membahas caranya di PC dan mungkin saja pada postingan berikutnya baru akan saya bahas caranya di Android.

Menampilkan dan Menyembunyikan File di Windows XP

Langkah 1: Buka terlebih dahulu My Computer atau Windows Exploler dengan menekan tombol WIN+E. Tombol win atau yang biasa kita lihat adalah tombol Bendera Windows pada keyboard.

Langkah 2: Setelah terbuka Windows Exploler lihat pada deretan tab menu diatas kemudian pilih Tools lalu Folder Options.

Langkah 3: Pada kotak dialog Folder Options pilih menu View dan lihat pada kolom Advanced Settings. Pilih Show hidden files and folders untuk Menampilkan File maupun Folder yang disembunyikan sedangkan untuk Menyembunyikan File maupun Folder silahkan pilih Do not show hidden files and folders.

Langkah 4: Jika sudah selesai pilih Apply kemudian OK untuk menerapkan perubahan yang baru saja dilakukan. Jika muncul peringatan pilih Yes.

Menampilkan dan Menyembunyikan File di Windows 7

Langkah 1: Buka terlebih dahulu Windows Exploler dengan menekan tombol WIN+E. Tombol win atau yang biasa kita lihat adalah tombol Bendera Windows pada keyboard.

Langkah 2: Setelah terbuka Windows Exploler lihat pada deretan tab menu diatas kemudian pilih Organize lalu Folder search and options.

Langkah 3: Pada kotak dialog Folder Options pilih menu View dan lihat pada kolom Advanced Settings. Pilih Show hidden files, folders, and drives untuk Menampilkan File maupun Folder yang disembunyikan sedangkan untuk Menyembunyikan File maupun Folder silahkan pilih Don't show hidden files, folders, or drives.

Menampilkan dan Menyembunyikan File di Windows 8.1

Langkah 1: Geser ke dalam dari kanan layar, lalu pilih Search (jika menggunakan mouse, arahkan ke pojok kanan atas, gerakkan penunjuk mouse ke bawah, lalu pilih Search).

Langkah 2: Ketik Folder pada kolom Pencarian lalu pilih Folder Options dari hasil pencarian.

Langkah 3: Buka tab View

Langkah 4: Pada Advanced Settings lalu pilih Show hidden files, folders, and drives untuk Menampilkan File maupun Folder yang disembunyikan sedangkan untuk Menyembunyikan File maupun Folder silahkan pilih Don't show hidden files, folders, or drives.

Menampilkan dan Menyembunyikan File di Windows 10

Langkah 1: Pada kolom Pencarian Taskbar ketik Folder pilih Show hidden files and folders dari hasil pencarian.

Langkah 2: Buka Advanced Settings lalu pilih Show hidden files, folders, and drives untuk Menampilkan File maupun Folder yang disembunyikan sedangkan untuk Menyembunyikan File maupun Folder silahkan pilih Don't show hidden files, folders, or drives.

Cukup mudah langkah-langkah Menampilkan dan Menyembunyikan File di PC, menurut saya cara pada beberapa generasi windowspun benar-benar tidak jauh berbeda mungkin yang membedakan hanya beberapa kata dan saja menyesuaikan tampilan setiap versi Windows yang ada.

Baiklah sekian pembahasan kali ini semoga bermanfaat untuk semua dan terimakasih sudah membaca diblog Han Farhan.

Posting Komentar untuk "Cara Menampilkan dan Menyembunyikan File di Windows PC"