Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan File dan Folder yang di Hidden oleh Virus (Super Hidden)

Virus selalu membayang-bayangi kita para pengguna sistem operasi Windows karena selalu ada saja type virus yang membuat kita kesal padahal kita sudah antisipasi dengan berbagai macam Antivirus terupdate dan yang paling ampuh katanya tapi tetap saja yang namanya virus selalu berkembang mengikuti perkembangan dan salah satunya virus yang benar-benar membuat saya kesal dan mungkin juga anda yaitu virus yang menyembunyikan seluruh file pada drive penyimpanan hardisk kita.

Jenis virus yang satu ini membuat file dan folder kita menjadi terhidden bahkan penggunakan fitur show hide bawaan windows juga tidak menampilkan file yang ada, tentu saja ini akan menjadikan kita panik mendadak bayangkan saja jika file yang ada pada drive kita benar-benar hilang begitu saja banyak sekali data pribadi kerjaan yang penting lenyap karena virus.



Tapi sebelum saya panik berlebihan saya juga mencoba mencari tahu apakah benar dihilangkan atau hanya menyembunyikannya kemudian saya cek pada drive penyimpanan hardisk saya ternyata size atau ukuran hardisk masih utuh yang menandakan file masih berada pada drive penyimpanan tersebut.

Jadi kalian jangan langsung panik dan mencoba memformat drive kalian yang terkena virus jenis ini tapi ikuti beberapa langkah yang telah saya tulis dibawah ini untuk mengembalikan file dan folder yang terhidden oleh virus, saya sendiri menyebutnya super hidden.

Cara Mengembalikan File/Folder yang di Super Hidden oleh Virus

Langkah 1: Pastikan anda sudah menampilkan seluruh file yang disembunyikan dengan mengikuti Cara Berikut
 
Langkah 2: Jika sudah tampil semua file yang disembunyikan langsung buka Command Prompt dengan cara Klik Kanan kemudian pilih Run As Administrator

Langkah 3: Pada Cmd yang sudah terbuka silahkan tulis drive dimana file dan folder yang terhidden misalnya drive e maka ketik E: kemudian klik Enter

E:

Langkah 4: Selanjutnya ketik perintah berikut kemudian Enter

attrib -s -h -r *.* /s /d

Maka tampilan pada cmd akan seperti berikut ini

C:\Windows\system32>E:
E:\attrib -s -h -r *.* /s /d

Langkah 5: Jika sudah semua dan sudah di Enter silahkan tunggu prosesnya beberapa saat sampai dengan selesai. Biasanya jika sudah selesai akan ditandai kembali dengan prompt E:\>).

Tambahan Penjelasan

Jika anda sudah paham cara diatas dan berhasil maka ada sedikit informasi tambahan dari saya tentang perintah attrib -s -h -r *.* /s /d berikut informasinya:

  • attrib = perintah untuk mengubah attribute suatu file atau folder
  • -s = menghilangkan attribute System
  • -h = menghilangkan attribute Hidden
  • -r = menghilangkan attribute Read-Only
  • *.* = menampilkan seluruh file/folder, jika ingin menampilkan jenis file tertentu maka cukup tulis ektensi file tersebut contoh zmodeler maka penulisannya *.z3d.
  • /s = proses diterapkan pada file yang berada pada folder maupun sub folder
  • /d = proses folder agar berjalan dengan baik
  • Tanda (-) digunakan untuk mengembalikan atau menampilkan, maka sebaliknya tanda (+) digunakan untuk menyembunyikan file maupun folder menjadi super hidden
Mungkin sampai disini aja pembahasan Cara Mengembalikan File/Folder yang di Hidden oleh Virus (Super Hidden) semoga saja tidak terjadi lagi hal yang seperti ini dan jika terjadipun anda bisa kembali mengikuti tutorial yang saya bagikan diatas. Semoga bermanfaat dan semoga pc kita dijauhkan dari virus.

Posting Komentar untuk "Cara Mengembalikan File dan Folder yang di Hidden oleh Virus (Super Hidden)"