Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti Favicon Blog dengan Mudah dan Lengkap

Setiap blog tentu ingin memiliki sebuah logo atau icon kebanggaan (Favicon) sebagai pengingat dan nilai penting sebuah blog agar terlihat lebih professional contoh: seperti facebook, instagram dan lainnya mereka memiliki favicon yang berbeda dan juga unik.

Jika Anda yang hanya memiliki blog dan ingin tetap tampil oke dan professional dengan memiliki favicon sendiri itu bukanlah hal yang sulit karena caranya cukup mudah serta ada juga website yang menyediakan favicon gratis untuk blog sobat jika tidak bisa membuat sendiri.

Tapi disini poin pentingnya adalah bagaimana cara mengganti favicon pada blog dengan mudah? sebenarnya cara mengganti favicon sudah banyak blogger lainnya yang membuat artikel sejenis dengan berbagai cara yang berbeda tapi meskipun sudah banyak yang membagikan cara mengganti favicon blog saya akan tetap menulisnya disini karena ini berdasarkan pengalaman saya sendiri untuk mengganti favicon blogger.

Beberapa cara merubah favicon blog yang saya temukan terkadang caranya tidak bekerja yaitu favicon tidak berubah sama sekali, ada yang berubah tapi hanya pemilik blog yang melihat pengunjung random tidak melihat perubahan favicon tersebut.

Pada kesempatan kali ini saya memberikan 2 cara mengganti favicon yang perlu kalian lakukan, kalian bisa melakukan salah satu maupun keduanya lebih baik agar favicon bernar-benar terganti dan berubah sesuai dengan logo yang ingin kalian pasang.

Cara Mengganti Favicon pada Blog melalui Dashboard Blogger


Langkah 1: Buka Dashboard Blogger pada alamat www.blogger.com, lalu pilih Setelan.

Langkah 2: Pada Setelan kalian klik Favicon lalu akan muncul tab baru pada browser.

Langkah 3: Unggah logo Favicon yang sudah kalian buat pastikan logo dengan resolusi persegi (kotak) dan size dibawah 100KB

Langkah 4: Simpan dan lihat hasilnya.

Sekarang lihat apakah logo Favicon blog sobat sudah berubah?
Untuk memastikan lebih mendalam buka tautan berikut: https://URLBLOGANDA/favicon.ico
Ganti URLBLOGANDA dengan blog kalian nanti akan muncul favicon yang sudah kalian ganti.

Cara Mengganti Favicon pada Blog melalui Edit HTML Template


Langkah 1: Pertama unggah terlebih dahulu Favicon sobat untuk mendapatkan tautan karena cara ini membutuhkan tautan favicon. Anda bisa mengunggah melalui server blogger yang lebih terjamin, caranya: Buat Postingan baru (tidak usah disave) pilih mode HTML > unggah gambar Favicon > salin tautan favicon yang sudah diunggah

Langkah 2: Jika sudah mendapatkan tautan favicon langsung buka Dashboard Blogger pada alamat www.blogger.com, Pilih Tema kemudian pilih Edit HTML.

Langkah 3: Tambahkan kode berikut tepat diatas </head>
<link href='URL ICON' rel='icon' type='image/x-icon'/>

Langkah 4: Jika sudah klik Simpan Tema dan selesai.

Favicon Tidak Berubah?

Kita memang bisa memasang favicon dengan gambar sesuka hati bahkan gif tapi anda harus memperhatikan apakah sesuai dengan kriteria favicon yang diinginkan blogger yaitu terkait dengan ukuran gambar favicon dan bit colorsnya berikut daftarnya:

16x16, 16-bit (256) colors
16x16, 32-bit colors
32x32, 16-bit (256) colors
32x32, 32-bit colors
48x48, 16-bit (256) colors
48x48, 32-bit colors

Jika anda sudah mengikuti standar ukuran favicon yang disarankan tapi tidak berubah juga silahkan ada mencoba memasang favicon dengan ke-2 cara tersebut yaitu melalui metode Edit HTML template blog dan juga melalui dashboard blogger, sebenarnya salah satu carapun pada blog saya ini berhasil.

Seperti itulah Cara Mengganti Favicon pada Blog dengan Mudah semoga cara ini lebih lengkap dan membantu untuk semuanya sobat blogger yang mengunjungi blog Han Farhan

Posting Komentar untuk "Cara Mengganti Favicon Blog dengan Mudah dan Lengkap"