Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara membuat Sitemap Blog Berdasarkan Label Tertentu

Sitemap atau Daftar Isi yang tersedia pada halaman statis merupakan kewajiban setiap blog untuk menyediakannya karena selain melihat daftar postingan blog ini juga cukup berpengaruh terhadap seo terlebih lagi untuk yang sedang mengajukan blognya pada adsense tentu sangat disarankan untuk membuat sitemap, sebenarnya banyak sekali model dan gaya sitemap yang dapat anda pasang mulai dari yang mengutamakan gaya simple untuk seo sampai desain yang keren dan masih banyak lagi.

Tapi berbeda dengan sitemap atau daftar isi yang saya bagikan kali ini, karena sitemap ini hanya akan menampilkan label tertentu yaitu label yang hanya kita ingin tampilkan jelas berbeda dengan sitemap pada umumnya contoh saja sitemap yang pernah saya bagikan sebelumnya Cara Buat Sitemap SEO, Simple, Fast Loading.


Untuk soal tampilan sitemap ini sangat sederhana dan ringan karena hanya menampilkan list dan judul postingan link yang langsung bisa diklik untuk mengarah pada postingan, sebagai contoh anda bisa langsung melihat sitemap yang saya gunakan pada blog ini.

Soal pemasangan sitemap ini sama saja dengan sitemap pada umumnya dengan menyalin kode sitemap yang sudah saya sediakan dibawah lalu melakukan perubahan pada url tertentu untuk melakukan indeks pada postingan yang ada diblog anda kemudian tambahkan pada halaman statis, selengkapnya langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini.

Cara membuat Sitemap Blog Berdasarkan Label Tertentu


Langkah 1: Buka Dashboard Blogger pada alamat www.blogger.com, Pilih Halaman kemudian buat Halaman Baru.

Langkah 2: Pada Halaman Baru pilih mode HTML dan tambahkan kode berikut. Ganti tulisan berwarna merah dengan Judul Label, Alamat Blog dan Nama Label anda.

<script type="text/javascript"> var numposts = 100; var standardstyling = true; function showrecentposts(json) { for (var i = 0; i < numposts; i++) { var entry = json.feed.entry[i]; var posttitle = entry.title.$t; var posturl; if (i == json.feed.entry.length) break; for (var k = 0; k < entry.link.length; k++) { if (entry.link[k].rel == 'alternate') { posturl = entry.link[k].href; break; }} posttitle = posttitle.link(posturl); if (standardstyling) document.write('<li>'); document.write(posttitle);} if (standardstyling) document.write('</li>'); } </script>
<ul>
<h3>Nama Label</h3>
<script src="http://www.hanfarhan.com/feeds/posts/default/-/Label?orderby=published&amp;alt=json-in-script&amp;callback=showrecentposts&amp;max-results=999"></script>
</ul>

Langkah 3: Jika sudah selesai Publikasikan.

Cara Pengaturan Sitemap Blog Berdasarkan Label Tertentu

Berikut ini adalah pemahaman tambahan soal sitemap berdasarkan label tertentu

Label lebih dari 1 Kata: Jika anda ingin menggunakan label lebih dari satu kata maka anda harus memisahkan setiap kata dengan %20 agar label terbaca dan tidak error, contoh seperti berikut:

...feeds/posts/default/-/Nama%20Label

Menambahkan Label: Untuk menambahkan label lainnya atau memperbanyak anda dapat menyalin kode mulai <ul> sampai dengan </ul> lalu ganti labelnya, contoh seperti berikut:

<ul>
<h3>Nama Label</h3>
<script src="http://www.hanfarhan.com/feeds/posts/default/-/Label?orderby=published&amp;alt=json-in-script&amp;callback=showrecentposts&amp;max-results=999"></script>
</ul>

Menambahkan CSS: Penambahan atau pengaturan css bisa anda kembangkan sendiri cukup dengan menambakan kode berikut dibawah kode sitemp.

<style>
KODE CSS
</style>

Jika Postingan lebih dari 1000: Ini rasanya terlalu berlebihan tapi mungkin saja jika postingan kalian yang sudah lebih dari 1000 dalam 1 label ingin ditambahkan bisa mengubah angka 999 sesuai dengan angka yang diinginkan. Karena pada angka 999 itu pengaturan jumlah postingan yang akan ditampikan dalam label.

Demikian Cara membuat Sitemap Blog Berdasarkan Label Tertentu. Semoga postingan bermanfaat dan dapat membantu semuanya, terimakasih juga untuk contoh blog yang telah membagikan kode sitemap berdasarkan label atau kategori tertentu dan pemahamannya.

Posting Komentar untuk "Cara membuat Sitemap Blog Berdasarkan Label Tertentu"