Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara atasi Artikel Blog di Copas dengan Script Anti Klik Kiri dan Klik kanan

Artikel blog dicopas itu sebenarnya sudah biasa didengar dan menjadi resiko untuk kita sebagai seorang blogger, lalu bagaimana cara mengatasi hal ini? cara mengatasinya yaitu dengan menambahkan kode html pada blog agar fungsi klik kanan tidak dapat digunakan atau fungsi klik kiri yang tida bisa digunakan untuk blok artikel dan masih banyak lagi yang cara yang dibahas.

Sebenarnya dengan menambahkan kode html untuk menonaktifkan fungsi klik kanan atau lainnya agar tidak dicopas tentu ada masalah lain yang ditimbulkan seperti penurunan trafik blog karena tidak betah dengan blog yang tidak bisa diklik kanan atau masalah lainnya. silahkan baca ini https://www.sitepoint.com/dont-disable-right-click/.


Tetapi jika kalian bersikeras untuk menonaktifkan fungsi klik kanan agar tidak dicopas demi melindungi artikel itu tidak masalah. Berikut ini adalah Mengatasi Artikel Blog di Copas dengan Kode HTML.

Cara atasi Artikel Blog di Copas dengan Script Anti Klik Kiri dan Klik kanan

Kode 1

Kode html berikut ini akan menonaktifkan fungsi klik kanan serta memunculkan pesan dari anda (isi pesan bisa disesuaikan perhatikan tulisan merah dibawah ini) tapi kode berikut ini kemungkinan masih bisa blok tulisan atau Select Text dan CTRL+C yang berarti artikel anda masih bisa dicopas.

1. Buka "Tata Letak"
2. Klik "Tambahkan Gadget"
3. Pilih "HTML/JavaScript" lalu Copy dan Paste kode berikut ini pada kolom yang tersedia: 
<script> var message="Maaf a, ngetik sendiri dong!";
///////////////////////////////////
function clickIE4(){if (event.button==2){alert(message);return false;}} function clickNS4(e){if (document.layers||document.getElementById&&!document.all){if (e.which==2||e.which==3){alert(message);return false;}}} if (document.layers){document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);document.onmousedown=clickNS4;} else if (document.all&&!document.getElementById){document.onmousedown=clickIE4;} document.oncontextmenu=new Function("alert(message);return false")</script>

4. Simpan!

Kode 2

Kalau kode berikut ini bisa dibilang tingkatan ke-2 karena kode yang satu ini benar-benar menonaktifkan klik kanan juga tidak bisa Select Text dan CTRL+C tapi artikel masih bisa di CTRL+P (print) dan disana artikel masih bisa select text lalu dicopy.

1. Buka "Tata Letak"
2. Klik "Tambahkan Gadget"
3. Pilih "HTML/JavaScript" lalu Copy dan Paste kode berikut ini pada kolom yang tersedia:
<script language='JavaScript1.2'>
function disableselect(e){
return false
}
function reEnable(){
return true
}
document.onselectstart=new Function ("return false")
if (window.sidebar){
document.onmousedown=disableselect
document.onclick=reEnable
}
</script>

4. Simpan!

Kode 3

Untuk kode yang ke-3 berfungsi untuk menyembunyikan teks atau tulisan artikel blog saat di CTRL+P, yang ditampilkan hanya blank kosong jadi tidak bisa diselect text dan dicopy.

1. Buka "Template"
2. Klik "Edit HTML"
3. Cari kode </body> lalu copy dan paste kode berikut ini tepat diatas </body>
<style type="text/css" media="print">
    * { display: none; }
</style>

4. Simpan!

Kode 4

Kode berikut ini bisa dibilang perlindungan total agar artikel blog tidak dicopas karena ini akan menonaktifkan fungsi copy paste contohnya: klik kanan, CTRL+C, CTRL+P dan CTRL+U.

1. Buka "Template"
2. Klik "Edit HTML"
3. Cari kode </body> lalu ganti kode tersebut dengan kode dibawah ini:
<body oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false;'>

4. Simpan!

Kode 5 - Khusus Postingan/Halaman Tertentu

Kode berikut ini khusus untuk postingan atau halaman tertentu yang ingin anda nonaktifkan klik kanan agar tidak isi konten tidak dicopas. Namun cara ini akan membuat fungsi kotak pencarian tidak bisa digunakan.

1. Selesaikan terlebih tulisan anda
2. Klik mode "HTML"
3. Kemudian tambahkan kode berikut ini tepat di akhir postngan (paling bawah):
<body oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false;'/>

4. Publikasikan!

Kode 6 TERBAIK dan REKOMENDASI

Kode yang satu ini adalah kode yang saya rekomendasikan sebagai kode anti copas terbaik karena kode ini cukup aman untuk melindungi dan tidak mengurangi fitur pada blog. Kode ini akan menonaktifkan klik kanan tapi tidak menonaktifkan fungsi kotak pencarian dan teks tertentu atau teks yang diblock quote agar bisa dicopas.

Tambahkan kode berikut tepat diatas </head> pada template blog
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<style type='text/css'>
.post-body {-webkit-user-select:none;-khtml-user-select:none;-moz-user-select:none;-ms-user-select:none;user-select:none;padding:0 0 10px 0;margin:0 0 10px 0;line-height:21px;}
.post-body img{-webkit-touch-callout:none;-webkit-user-select:none;-khtml-user-select:none;-moz-user-select:none;-ms-user-select:none;user-select:none;pointer-events:none;background:#fdfdfd;height:auto;max-width:100%;border:0;margin-bottom:2.0px;box-shadow:0 0 0 1px rgba(0,0,0,0.03);opacity:1;transition:all .6s ease;}
.post_body p, .post blockquote,.post pre,.post code {-webkit-touch-callout:text;-khtml-user-select:text;-webkit-user-select:text;-moz-user-select:text;-ms-user-select:text;}
</style>
</b:if>

Simpan!


Kode Lainnya

Ganti kode:
<body> atau <body expr:class='data:blog.pageType'>

Dengan kode:
<body expr:class='data:blog.pageType' oncontextmenu='return false;' ondragstart='return false' onkeydown='return false;' onmousedown='return false;' onselectstart='return false' style='-moz-user-select: none; cursor: default;'>

Selesai sudah cara atasi Artikel Blog di Copas dengan Script Anti Klik Kiri dan Klik kanan meskipun semua cara diatas masih bisa ditembus atau dicopas dengan cara menonaktifkan JavaScript pada browser tapi setidaknya dengan cara ini akan mempersulit atau mengurangi pengguna yang suka copy paste artikel.

Lalu kenapa Saya sendiri tidak menggunakan kode diatas? saya sudah pernah menggunakannya tapi sekarang saya sudah copot karena saya pikir hari gini masih copy paste? sudah gak jaman dan lagi pula Google tahu mana artikel ori dan artikel boleh copas. Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara atasi Artikel Blog di Copas dengan Script Anti Klik Kiri dan Klik kanan"